Rabu, 21 Januari 2015

Liburan Musim Dingin (berkunjung ke lima negara Eropa)

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata Eropa???
Sebuah peradaban yang tinggi, negara-negara industri besar yang maju,  tempat bercokolnya para ilmuwan Einstein, Newton, Galileo, atau para filsup selevel Plato, Socrates, Aristoteles, atau teringat para musisi seperti Mozart dan Beethoven.... Hmmmm

Yang pasti bagi aku.....Eropa adalah negeri yang jauuuuhhhh bangeett dan hanya mimpi yang bisa menghantarkan aku kesana..ups

Ternyata Allah berkata lain, Kun fa yakuun...tidak ada yang mustahil  jika Allah berkehendak.
Alhamdulillah, pada Desember 2013 aku dan keluarga diberi kesempatan oleh Allah untuk mentaddaburi bagian lain dari bumi Nya.  Aku dan keluarga berniat mengunjungi 5 negara Eropa yang dimulai dari negara Spain, France, Monaco, Italy dan berakhir di negara Switzerland.

Aku akan sedikit berbagi tentang apa aja yang perlu disiapin dan apa aja yang perlu untuk dibawa, mengingat pada bulan Desember adalah puncak dari musim dingin atau winter.

Paspor dan Visa hal utama yang wajib kamu urus ya....apalagi pengurusan paspor biasanya memakan waktu paling cepat satu minggu.  Kamu bisa minta bantuan biro jasa, agar prosesnya bisa lebih cepat.
Sebenernya perjalanan aku dan keluarga ke Eropa bisa dibilang mendadak.  Suamiku memutuskan ke Eropa hanya 2 minggu sebelum keberangkatan, maklum terkait cuti kerja suami yg sangat bergantung pimpinannya.
Karena waktu yang sangat mepet, aku putuskan pake biro jasa dengan paket super kilat....heheehe, satu minggu selesai.

Untuk Visa, sekedar info, pembuatan visa ke Eropa termasuk cukup ribet ya, jadi kamu harus sediain waktu yang cukup untuk mempersiapkan segala sesuatunya.  Aku pake Visa Schengen, satu visa untuk beberapa negara Eropa sekaligus.  Karena aku pake Travel Agent, otomatis yang sibuk ngurus kesana kemari dari pihak travel, aku dan keluarga tinggal menunggu panggilan untuk difoto, klik selesai...hehehe

Kebayang kan, aku harus menyiapkan segala sesuatunya dalam waktu dua minggu.  Mantel winter, Long John (baju dalam penghangat tubuh), switer, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, sepatu kets tahan air dan sepatu boat winter untuk negara yang berlimpah salju.

Saran aku buat kamu yang berlibur menggunakan Travel Agent, sebaiknya kamu jangan pernah berpikir membeli mantel atau sepatu winter disana ya.  Persiapkan segala sesuatunya di tanah air.  Selain jadwal travel yang sangat ketat yang kurang memungkinkan kamu belanja kebutuhan pribadi,  begitu kamu nyampe di bandara Eropa, kamu sudah disambut dengan suhu dingin yang menggigit.  Tapi kamu tetap bisa beli disana sebagai tambahan atau buat kamu ganti-ganti seandainya mantel kamu basah kena hujan.
Cuaca di Eropa sulit diprediksi, kadang gerimis sampai hujan bahkan tiba-tiba ada angin kencang dan badai. Jadi kamu harus bener2 siap dengan segala sesuatunya, terutama mantel, kaos kaki dan sepatu yang sering basah karena derasnya hujan.

O ya sekedar referensi, kamu bisa dapetin perlengkapan winter di mall-mall gede seperti Plaza Senayan, Mangga Dua, Sogo, MTA (Mall Taman Anggrek), tapi dengan harga yang sangat mahal.  Klo kamu mau yang harga menengah kamu bisa kunjungi Factory Outlet2 yang besar yang menyediakan perlengkapan winter, di Tanah Abang juga ada kok.  Klo aku karena waktu yang sangat mepet, jadi aku beli di FO Cibubur dekat dengan kediamanku dengan kisaran harga mantel 500 ribu sampai 2 juta an.  Untuk mantel2 wanita  kisaran harga 800 ribu keatas.  Kalo sarung tangan dan kaos kaki winter aku beli di Mall Ciputra Cibubur dengan kisaran harga diatas 100 rb.  Info buat kamu, harga-harga di tanh air ini jauh lebih murah dengan harga2 di Eropa.  Kamu gak bakalan nemuin harga2 segini di Eropa.

Selain perlengkapan winter, sebaiknya kamu juga bawa makanan ringan yang awet simpel tapi bisa mengganjel perut saat lapar.  Coklat, kacang almond atau mete pilihan yang tepat buat cemilan.  Di Eropa agak sulit loh nyari makanan halal, tapi jangan khawatir kok, kerjasama dengan travel agent yang mengerti dan memahami kebutuhan kita sebagai muslim.  Jadi harus selektif ya memilih travel agent.

Hampir lupa, yang gak pernah ketinggalan di setiap perjalananku adalah kamera kesayanganku Nikon D90 plus lensa serta tripod.  Ini penting untuk mengabadikan setiap momen yang aku lewati.

Ok, aku akhiri dulu celotehku...ntar ketemu aku lagi di kunjungan masing2 ke 5 negara Eropa.... bye
wassalam, Nan. Dj

4 komentar:

  1. suamiku mungkin yg udh kenyang kliling benua ini.. dari kecil dia udh ikut ortunya pindah2 tugas sebagai diplomat.. dan kebanyakan negara2nya eropa. aku sendiri baru 4 mba :D Itu juga sekalian visit mertua yg msh tugas di sana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw...suaminya pasti punya byk pengalaman yg luar biasa ya.... mak fanny msh byk peluang tuh keliling eropa...scr mertua msh disana... :)

      Hapus

Aku dan Lock Down-Virus Corona (Covid19)

Aku tiba-tiba merasa berada dalam dunia unreal, antara percaya dan tidak dengan apa yang sedang aku alami saat ini. Tepatnya hari senin 1...