Senin, 16 November 2015

Ingin Liburan ke Mount Titlis, Ini Tips-nya...


Gunung salju abadi
dokpri


Ingin Liburan ke Mount Titlis, Ini Tips-nya.  Halo sobat, rasanya luamaa banget gak update blog.  Kangeenn!!!

Gak berasa ya, udah mau Desember lagi, padahal sepertinya baru kemarin liburan akhir tahun, eh udah mau libur akhir tahun lagi…

Nah, ngomongin liburan, pastinya diantara sobat sekalian udah banyak dong ya yang planning  mau liburan kemana, kapan waktunya, bersama siapa dan menggunakan  transportasi apa.  Kalo liburannya masih di dalam negeri, pasti sobat sekalian gak terlalu bingung.  Tinggal kemasin barang, siapkan kesehatan, doku dan kamera, selesai…  Tapi kalo yang merencanakan liburan ke luar negeri tentu gak sesimpel itu dong, apalagi seandainya negara yang menjadi destinasi adalah negara dengan empat musim dan ditambah lagi  belum pernah  berkunjung ke negara tersebut.  Hmmm, dijamin bingung deh…

Mungkin diantara sobat sekalian ada yang merencankan liburan ke Mount Titlis? Atau jika belum ada rencana, sekarang saatnya menentukan pilihan liburan ke Mount Titlis… kenapa?  Saya jamin liburannya seru, happy dan sangat berkesan…

Sebelum saya kasih tips tentang liburan ke Mount Titlis, sedikit saya ulas seperti apa kondisi Mount Titlis dan kenapa harus punya tips khusus jika ingin berlibur kesana.

Mount Titlis adalah Gunung Salju Abadi yang terletak di negeri Swiss, Eropa.  Sepanjang musim, salju ini tetap bertabur di permukaan gunung dan sekitarnya.  Bisa dibayangkan suhu dibawah nol derajat sampai minus 15 derajat akan menemani para pengunjung selama berada disana.  Apalagi jika berkunjung pada bulan Desember, puncaknya musim dingin di Eropa.  Suhu dipastikan minus dan udara kencang khas musim dingin yang menggigit  tidak akan mudah beradaptasi dengan tubuh-tubuh kita yang terbiasa dimanja dengan iklim tropis.

Apalagi, ketika berada di puncak Mount Titlis, dimana ketersediaan oksigen semakin terbatas.  Jika gak kuat-kuat stamina banyak loh yang pusing, sesak nafas, mual dan muntah bahkan pingsan atau tak sadarkan diri.  Wuaahh, jangan sampai ya liburan sobat jadi gak happy hanya gara-gara kurang persiapan.

Baiklah, dibawah ini, saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman saya ketika mengunjungi Mount Titlis dua tahun yang lalu :

·         Saya sarankan, jika sobat membawa keluarga sebaiknya gunakan jasa travel.  Sobat tidak akan direpotkan dengan membeli tiket, mengantri, mencari restoran dan lain-lain karena semuanya sudah  diatur dan dilakukan oleh Tour Guide.  Jadi sobat bisa fokus memperhatikan keluarga dan tinggal menikmati perjalanan saja.

·         Hal yang paling utama, sebelum berangkat kondisikan kesehatan seprima mungkin.  Jangan lupa bawa vitamin yang biasa diminum dan obat-obatan ringan seperti obat flu, deman dan sebagainya untuk berjaga-jaga.  Karena ketika berada di Swiss, belum tentu punya waktu untuk membeli obat dan  jenis obatnyapun berbeda dengan yang biasa kita minum di Indonesia.

·         Selalu sediakan makanan ringan dan minuman dalam tas kecil.  Suhu dibawah titik beku mudah membuat lapar dan haus, sehingga rentan kedinginan.

·         Gunakan pakaian winter  dengan lengkap.  Saya rekomendasikan untuk pakaian winter sebaiknya gunakan yang berbahan wol atau bulu angsa.  Kedua bahan ini sangat efektif untuk membuat badan kita menjadi hangat.  Pada lapisan pertama gunakan longjohn, lapisan kedua baju biasa berbahan wol, lapisan ketiga sweater, lapisan ke empat barulah kenakan mantel winter yang tebal dan berbusa.  Pakai sarung tangan winter yang tebal dan gunakan penutup kepala yang sekaligus menutupi telinga. 

·         Kenakan  sepatu winter, yang  bagian bawahnya   berstruktur.  Jika sepatu boot itu lebih baik.  Karena berjalan di atas permukaan salju yang licin sangat beresiko terpeleset.  Sebelumnya pakai kaos kaki khusus winter yang tebal dan berbahan wol.  Sediakan kaos kaki lebih dari satu, karena cuaca saat musim dingin tidak bisa diprediksi.  Tiba-tiba hujan deras dan angin kencang yang terkadang membuat kaos kaki jadi basah.

·         Oleskan pelembab pada kulit wajah dan lipgloss pada bibir, agar kulit tetap lembab dan tidak mengelupas akibat udara yang terlalu dingin.

·         Bagi sobat yang tidak kuat dengan taburan salju di puncak Mount Titlis, jangan khawatir.  Di puncak Mount Titlis terdapat ruangan indoor yang difasilitasi penghangat ruangan, jadi sobat tetap bisa menyaksikan taburan salju dari dalam ruangan yang hangat.

·         Terakhir, berdo’alah sebelum berangkat agar perjalanan sobat diberkahi, nyaman, happy dan tentu saja selamat pulang pergi.

·         Enjoy your trip…. [Nani Djabar]

6 komentar:

  1. saya paling nggak tahan dingin mbak Nani...lihat fotonya aja sudah bbrrrrrr...nyesss..

    tapi asyik juga ya mbak bisa sampai kesana, pengalaman yang sangat berkesan... :)

    BalasHapus
  2. Pengen bgt liat salju langsung dan megang2...

    BalasHapus
  3. Wah, saya orangnya gampang pilek nih.

    BTW

    Keren, Mbak Nan jalan-jalannya bikin mupeng

    BalasHapus
  4. Sik asik jalan jalan ke mount titlis.. Btw ini yang ada di video klip cho kyuhyun super junior bukan ya.. Hehehe.. Indah banget!!

    BalasHapus

Aku dan Lock Down-Virus Corona (Covid19)

Aku tiba-tiba merasa berada dalam dunia unreal, antara percaya dan tidak dengan apa yang sedang aku alami saat ini. Tepatnya hari senin 1...