Rabu, 04 Februari 2015

Wisata Waduk Jati Luhur, 'Week End' Murah Meriah

Wisata Waduk Jati Luhur, Weekend Murah Meriah.  Week end atau liburan di akhir pekan bagi kalangan tertentu menjadi sebuah kebutuhan terutama bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. 

Pekerjaan yang menguras otak dan energi, pulang pergi ke tempat kerja berjejal dengan kemacetan, belum lagi urusan dengan bos atau klien yang selalu ngomongin target dan deadline.  Hmmm, rasanya pengen cepet-cepet week end deh…

Atau kamu yang ibu rumah tangga (pekerjaan mulia cuy), bosen, jenuh dengan rutinitas yang muter-muter seputar sumur, kasur dan dapur…hehehhe, pastinya week end adalah saat-saat yang dinanti.  Bener apa bener???   :)

Aku dan keluarga memilih berlibur akhir pekan dengan  berkunjung ke  tempat wisata Waduk Jati Luhur karena selain alasan dekat (bisa dijangkau dengan kendaraan), ekonomis, suasana alam pedesaan, dan tentu saja berekreasi sambil belajar .  Belajar???  Iya, karena di kawasan ini aku bisa memperkenalkan secara langsung kepada anak-anak bagaimana proses pembangkit listrik  menggunakan tenaga air - PLTA, budidaya ikan kerambah dan jaring apung serta pengolahan ikan paska panen.


Dari gerbang tol jatiluhur hanya sekitar 6 km menuju kawasan wisata.  Akses kesana mudah dan lancar kok, banyak rambu-rambu sebagai penunjuk arah.

Jakarta-Purwakarta hanya butuh waktu tempuh sekitar 1 jam. 
Masuk ke kawasan wisata Jati Luhur  cukup hanya dengan membayar 10 ribu rupiah per orang dan kamu bisa menikmati kawasan ini sepuasnya.

Sampai di lokasi, seperti biasa aku langsung memainkan kamera Nikon ku. Spot pertama yang aku capture ; tiga perahu yang sedang bersandar dengan formasi yang cantik di pinggir waduk, dikelilingi bukit-bukit hijau, dengan latar belakang langit biru, samar-samar siluet gunung di kejauhan, dilengkapi dengan perahu motor yang sedang berselancar dan fore ground ranting pohon yang terjuntai menjadi panorama yang sedap dipandang mata.



panorama waduk jati luhur
Tepi Waduk Jati Luhur

Jelang siang kami menaiki kapal motor menuju pulau-pulau kecil, resto apung dan budidaya  ikan kerambah yang berada di tengah waduk.  Sebuah kebersamaan yang indah bersama keluarga di atas kapal motor,  menikmati deru suara air, angin semilir, melayangkan pandangan pada  hamparan air dan panorama bukit-bukit yang hijau, bercanda dengan  gelak tawa yang lepas.  Indahnya kebersamaan….

perahu menuju restoran terapung
Di atas Perahu Motor


perahu waduk jati luhur

Tiupan angin makin terasa membelai kerudung dan gamis yang aku kenakan ketika sampai di Resto Apung dan tempat budi daya ikan kerambah.  Menikmati suasana alam terbuka dengan udara yang segar, pemandangan air dan bukit-bukit hijau menyejukkan mata, menyaksikan para pendayung yang berlomba di atas perahu, para olah ragawan air yang begitu semangat berselancar dengan perahu kecilnya, melengkapi suasana indah saat itu.


Pelataran Resto Apung


kerambah ikan
Lokasi Budidaya Ikan


Ikut Mejeng..hihi

Sore, menjelang senja kami kembali menepi dan duduk-duduk bersantai di atas gazebo  yang ada di pinggiran waduk sambil menikmati indahnya pergantian hari dengan cahaya kuning kemerah-merahan.

Sunset di Waduk Jati Luhur

sunset waduk jati luhur
Siluet saat sunset
Untuk kuliner, jangan khawatir ya.  Disini tempatnya kuliner sehat dan bergizi.  Resto apung dan banyak kedai-kedai di sekitar waduk yang menawarkan menu utamanya ikan bakar air tawar yang fresh karena diambil langsung dari kolam.  Apalagi dicocol dengan sambal pecaknya…hmmm yummiii bikin ketagihan.  Harganya???  Murah bangeettt… hanya dengan uang  100 ribu bisa makan berempat dengan menu ikan bakar (ikannya berat 2 kiloan lebih loh) komplit, plus air kelapa batok dan nasi sepuasnya…. Gak percaya? Cobain aja deh… :)

Dan ketika malam menjelang kami menginap di bungalow yang berlokasi tidak jauh dari kawasan Waduk Jati Luhur.  Kalo week end biasanya vila atau hotel di dalam kawasan udah pada penuh.  Untuk penginapan juga tergolong sangat murah,  bisa menyesuaikan dengan kocek kamu.   Sekedar gambaran hanya dengan 500 ribu/malam kamu sudah bisa tidur pulas di bungalow berlantai dua dengan dua kamar tidur, satu ruang santai, tv, ac, air panas dan panorama di sekitar bungalow  hijau dan sejuk.   

PLTA Jati luhur
Area PLTA


Salah satu sisi Waduk


Keesokan harinya kami jalan-jalan pagi menghirup udara segar di sekitar area PLTA dan dilanjutkan dengan belanja membeli ikan olahan yang dijual oleh para penduduk  yang masih berada di kawasan Waduk Jati Luhur.

Dan… setelah makan siang dengan  menu ikan bakar (lagi) kami pun kembali ke Jakarta dengan senyum mengembang siap menyambut senen dengan semangat baru.
Bye….

Wassalam, Nan. Dj
 

29 komentar:

  1. mak postingannya bikin ngiler. jadi makin makin deh pengen kesana.
    rencana mah ada mau kesana. tapi gatot terus.
    mudah2an waktu dan kesempatan bisa cocok. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mdh2an bisa segera kesana ya mak... ikan bakar air tawarnya maknyusss :)

      Hapus
  2. Wah seru tampknya ya mak.. Irit pulak.. Kapan2 mau ajak bocah kesana deh.. Thanks infonya mak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...utk week end mah asyiikkk... mksh mak dh mampir :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. mak, indaahh banget. apalagi sunsetnya. wooaah tidak berhenti berdecak kagum. mudah mudahan bisa kesana segera :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mak lnngsung meluncur pekan ini..hehe.. tp musim hujan mak... sunsetnya ngumpet... mksh mak dh singgah :)

      Hapus
  4. uwaaa,baus banget ya mak waduknya,sepi dan rapi^^
    salam kenal mak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaa...begitulah mak... lumayan..hehehe...slm kenal balik mak

      Hapus
  5. Poto bungalownya Mana mak? Btw, potonya bagus. Pake kamera apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh... kebetulan aku gak capture mak bungalow scr keseluruhan, tp kalo ft2 di dalem kmr n di terasnya ada... aku pake kamera nikon mak ... :)

      Hapus
  6. kerennnnn sunsetnyaa...
    mesti kesana ini :)
    hai, mak, salam kenal :)

    BalasHapus
  7. Hemat di kantong ya mak. Tapi yg diperoleh....beughhh....luarbiaso. ini nih, daku banget nih. Tfs ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya jg emak2... hehhe..kudu pinter berhemat.. mksh mak dah singgah :)

      Hapus
  8. wah, referensi bagus nih buat huting foto ...

    BalasHapus
  9. wah, seru ya...naik perahu di waduk jatiluhur, serasa naik kapal Titanik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee...iya seru mak ...:) mksh mak dh mampir

      Hapus
  10. wah bagus ya mak tempatnya...apalagi pas sunsetnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak cock bgt buat week end... mksh mak :)

      Hapus
  11. seru banget, saya belum pernah...
    foto2nya keren mak :)

    BalasHapus
  12. Waaaa mau sambal pecaknya plus ikan bakar. Makasih infonya mbak, pengen juga ke sana, foto-fotonya bagus-bagus banget

    BalasHapus
  13. Wah kayaknya asyik banget mak, pengen kesana. Kalau pas di jakarta kayaknya asyik nyempatkan diri kesana sama keluarga. Makasih mak :)

    BalasHapus
  14. 100rb bisa makan berempat? mauuuuuu

    BalasHapus

Aku dan Lock Down-Virus Corona (Covid19)

Aku tiba-tiba merasa berada dalam dunia unreal, antara percaya dan tidak dengan apa yang sedang aku alami saat ini. Tepatnya hari senin 1...